Hai sobat kali ini kita akan melanjutkan bahasan materi yang telah saya posting sebelum yaitu Cara Instal Laravel  untuk sekarang ini kita akan belajar tentang membuat halaman login dengan perintah yang sudah tersedia di Laravel sob. Dengan perintah php artisan kita cukup mudah membuat halaman login maupun register, cukup kita migrate jadi deh halamannya dan table di database defaultnya akan otomatis ter-create ke database yang telah kita konfigurasi sebelumnya. Penasaran kan sobat? yuk kita mulai saja simak bahan-bahan persiapan sebelum ke TKP.

PERSIAPAN PROJECT

1.Pastikan kalian sudah punya Server Lokal seperti XAMPP atau AppServ

2.Yang paling penting Punya Project LARAVEL. lao belum? – > simak disini

3.Koneksi Internet

TAHAP PROJECT

Tahap Pertama Kita Buka Command Prompt (CMD), cara ini hanya bagi yang belum punya project laravel :

composer create-project – prefer-dist laravel/laravel nama_project_laravel_kamu

Jika kalian sudah punya Project Laravel, cukup langsung menuju TKP folder lokasi project kamu :

cd C:\AppServ/www/nama_project_laravel_kamu atau cd C:\XAMPP/htdocs/nama_project_laravel_kamu

Selanjutnya kita persiapkan databasenya dengan edit file .env yang ada di direktori project kamu dan cari potongan konfigurasi database seperti berikut :

DB_CONNECTION=mysql
DB_HOST=127.0.0.1
DB_PORT=3306
DB_DATABASE=laravelku
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=root

Selanjutnya kita kembali ke CMD, Lakukan migrate terlebih dahulu untuk membuat database nya :

php artisan migrate

Kemudian kita buat halaman loginnya dengan menggunakan make:auth (untuk laravel 6 kebawah), untuk 6 mengalami kendala error perintah :

php artisan make:auth

PROBLEM SOLVING ERROR make:auth

ketika cara diatas kalian coba error, mengapa? karena pada Laravel 6 kita tidak bisa lagi menjalankan perintah php artisan make:auth karena di Laravel 6 untuk frontend scaffolding dipindahkan ke dalam komponen laravel/ui jadi akan ada sedikit perubahan dalam proses pembuatan auth scaffolding juga.

Di Laravel 6 pertama kita harus menginstall package laravel/ui terlebih dulu sebelum membuat auth scaffoldingnya dengan menjalankan perintah ini.

composer require laravel/ui

pastikan koneksi anda stabil karena dilakukan proses konfigurasi, kemudia baru kita bisa membuat UI atau layout login dan register

php artisan ui vue – auth

Pada bagian vue bisa diganti dengan pilihan lainnya seperti bootstrapreact  sesuaikan dengan kebutuhan kawan kawan, berikutnya setelah menjalankan perintah tersebut kita harus menjalankan perintah untuk mengambil dependency dan mengcompile dengan perintah :

npm install && npm run dev

Untuk menjalankan perintah diatas pastikan di komputer / laptop kawan kawan sudah terinstall nodeJS dan npm ya. belum tau caranya yuk lihat videonya klik disini.

Dan auth scaffolding yang kita inginkan sudah bisa kita gunakan seperti biasanya, mungkin terasa agak lebih memakan waktu untuk proses ini tapi tetap terasa mudah dengan fitur yang didapatakan seperti register, login, forgot password. 

Cara diatas juga bisa kalian lihat di video Youtube Buat Login Register dibawah ini :

Tutorial Laravel #2 : Create Form Login Register Password Reset Auth