Perwakilan Blogger Tuban dan Relawan TIK Tuban

Tuban Smart City Resmi Di Launching, Cara Cerdas Era Milenial.

Diposting pada

Tuban – Pagi yang cerah di Pendopo Krido Manunggal Tuban ini, dihadiri kurang lebih 500 tamu undangan yang terdiri dari unsur pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), staf ahli, asisten, camat, kepala desa/lurah, dan stake holder terkait yang ada di Kabupaten Tuban. Dalam rangka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban, menggelar Review Hasil Pendampingan Penyusunan Msterplan dan Quick Win Program Unggulan serta Launching Aplikasi Tuban Smart City, Selasa (30/10). Dengan Tagline “Cara Cerdas Melihat Tuban Dalam Genggaman”

Dalam pembukaan kegiatan yang disampaikan dalam laporan, Kepala Diskominfo Kabupaten Tuban, Ir. Hery Prasetyo S. MM, menyampaikan ujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah utuk mensosialisasikan penyebar luasan informasi terkait dengan program 100 kabupaten/kota menuju smart city yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan informartika (Kemenkominfo). Selain itu, lanjut Hery, kegiatan ini juga bertujuan untuk penyampaian review hasil pendampingan Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program Unggulan yang telah dilaksanakan dalam bentuk pendampingan selama empat tahap. “Sekaligus Launching Aplikasi Tuban Smart City sebagai tindakan konkret dalam mendukung Program Gerakan 100 Kabupaten/Kota Menuju Smart City, dengan harapan bahwa aplikasi merupakan sebagai langkah awal untuk Tuban menjadi kota yang “cerdas”,” pungkas sambutannya.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tuban, Ir. Hery Prasetyo S. MM, dalam sambutan laporannya

Sementara itu dalam sesi selanjutnya, Herry Abdul Aziz, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kementerian Kominfo dalam sambutannya meyampaikan bahwa  ia mengaku, sangat bahagia karena bisa menjadi bagian dari usaha Kabupaten Tuban untuk memperbaiki kinerja, menekan angka kemiskinan, dan usaha Kabupaten Tuban untuk terus menerus berusaha mengintegrasikan seluruh informasi yang ada di Kabupaten Tuban. “Serta untuk usaha Tuban yang hari ini harus lebih baik dari pada kemarin, dan hari ini harus lebih cerdas dari kemarin,” jelasnya.

Herry mengatakan, dari 172 kabupaten/kota yang dievaluasi dalam gerakan sebelumnya, Kabupeten Tuban masuk di dalamnya. Pada saat Tuban terpilih menjadi satu di antara lima puluh Smart City tersebut, ia mengaku terkesan dengan prestasi tersebut. “Saya bilang, jadikan saya pendamping Tuban,” jelasnya dengan nada tertawa.

Selain itu di kesempatan yang sama Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si, dalam sambutannya memberikan sejumlah pesan kepada pihak terkait, dalam rangka Tuban menuju Smart City.

Wabup meminta seluruh potensi sumber daya tentang teknologi informasi yang ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya, agar dapat diintegrasikan terlebih dahulu dalam rangka Tuban menuju Smart City. Ia mencontohkan, seperti CCTV milik Polres, mestinya dapat terintegrasi dengan sistem informasi milik Pemkab Tuban. “Kalau tidak kita integrasikan, Polres Tuban bisa akses informasi milik kita, tetapi kita tidak bisa akses ke sana,” terangnya.

Di akhir sambutan, Beliau berharap agar semua masyarakat Kabupaten Tuban, nantinya bisa mengunduh aplikasi Tuban Smart City ini.

Selain itu disela-sela akhir acara para stake holder yang men-Support terselenggaranya Tuban Smart City baik ICON+ yang merupakan anak perusahaan PLN dan Telkom Indonesia menyampaikan hasil capaian dalam awal hingga dilaunching Tuban Smart City dan seterusnya bersinergi membangun Tuban kota berbasis IT.[ana]

Baca : Apa saja Yang kita dapatkan di Aplikasi Tuban Smart City?