Media internet seiring kemajuan perangkat teknologi yang semakin pintar, semakin banyak hal-hal yang perlu kita amankan dan tidak mengajak dalam SARA yang menimbulkan perpecahan. Dua tahun silam Kepala Dinas Kominfo Tuban dan berbagai element pengerak Anti Hoax melakukan deklarasi Tuban Anti Hoax, dalam hal ini mengingatkan kita untuk tetap selalu berupaya memberikan berita atau informasi positif di era kemudahan dalam genggaman. Pada kesempatan ini saya akan melanjutkan bagaimana cara terhindar dari berita bohong yang tersebar di media Sosial.

  1. Cek Kebenaran Berita Melalui TurnBackHoax

    https://turnbackhoax.id/ merupakan halaman situs yang memuat berbagai potongan berita, maupun pesan yang tersebar baik melalui sosmed atau pesan singkat (SMS). Situs TurnBackHoax.ID ini dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia. MAFINDO adalah organisasi perkumpulan resmi yang didirikan pada tanggal 19 November 2016, Akta Notaris Nomor 1 Tanggal 19 November 2016 yang dibuat oleh ISMA JANUARTI, SH., M.KN, dan SK (Surat Keputusan) Pendirian Perkumpulan NOMOR AHU-0078919.AH.01.07.TAHUN 2016 Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.
  2. Cek Media Publisher

    Kadang kita melihat Berita kabar tentang si AB dikabarkan meninggal atau sakit dan lainnya, Sebelum mempercayai isi konten berita yang dimuat, Kamu harus melakukan cek silang. Gimana caranya? Caranya Kamu coba cek keberadaan media mana saja yang terdaftar di dewan pers, kamu bisa masuk ke website resmi Dewan Pers kemudian klik menu Data Pers disini https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers.
  3. Perbanyak Literasi dengan Baca Buku atau Media Cetak

    Untuk memperkecil hal berita bohong, kita perlu membaca banyak literasi digital maupun menyimak webinar maupun forum-forum yang membahas tentang konten positif, atau kita bisa baca di situshttps://internetsehat.id/ 
  4. Klarifikasi

    Jika berita dari teman dekat bisa mencoba mengklarifikasinya asal berita dan menanyakan hal dengan yang bersangkutan dari orang disekitar. Kamu pasti akan mendapatkan kebenaran yang lebih jelas. Setelah mendapatkan klarifikasi, Kamu bisa juga membantu menyebarkannya di dunia maya, supaya berita bohong yang terlanjur beredar tersebut bisa diredam.

Jika bermanfaat silakan anda bagikan tulisan ini dan kami juga memiliki koleksi tulisan yang menarik lainnya, silakan klik Daftar Isi untuk melihat daftar tulisan kami. Selamat membaca!