Tips – Kamu pasti suka kesal kalau buku di rumahmu tiba-tiba menguning, padahal cuma disimpen aja nggak diapa-apain? apalagi di masa pandemi banyak buku yang kurang terawat, atau mungkin yang selama ini tidak tersentuh. Hal ini sama seperti binatang kesayangan, meskipun buku adalah benda mati, ternyata perlu dirawat dengan baik juga. Coba lakukan hal ini deh, supaya buku kamu nggak cepat jamuran. Daripada lama-lama saya akan memberikan tips yang mudah dan cepat.


Pakai Sampul Buku

Tips Menyampul Buku – Sumber Foto : hipwee.com

Menyampul buku adalah cara termudah. Kamu bisa pakai kertas warna warni atau kertas kado agar bukumu tetap terlihat menarik. Jika kita tidak mau repot potong ukuran sesuai buku, bisa beli sampul mika siap pakai juga sudah ada perekatnya.

Jangan Simpan di Rak Kayu

Kayu penyebab utama tumbuh jamur dan rayap. Kalau terpaksa harus menyimpan di rak kayu, lapisi dengan plastik dulu agar buku kamu aman sehingga ada laminasi untuk buku, majalah tidak bersentuhan dengan rak kayu asli.

Ilustrasi Rak Kayu

Taburkan Baking Soda

Masukkan buku ke dalam kardus, lalu taburkan baking soda dan letakkan kardus di tempat yang terkena angin selama 3 hari. Ini untuk mencegah jamur tumbuh atau dapat juga menghilangkan jamur yang sudah terlanjur ada.

Jangan Kena Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari yang panas akan membuat warna buku berubah menjadi kuning dan cokelat, jauhkan kondisi rak buku yang ada diruang dari sinar matahari secara langsung tapi masih mendapat intensitas secara cukup.

Jika bermanfaat silakan anda bagikan tulisan ini dan kami juga memiliki koleksi tulisan yang menarik lainnya, silakan klik Daftar Isi untuk melihat daftar tulisan kami. Selamat membaca!