Tahukah Kamu? Seragam Pramuka Berwarna Cokelat

Diposting pada

Hai Adik-Adik Anggota Pramuka, walaupun hari pramuka sudah lewat, kakak mau memberikan sedikit pengetahuan, yang mungkin kalian belum tahu. Nah, Tahukah Kamu? alasan mengapa pakaian yang kalian gunakan dalam Pramuka berwarna cokelat. Simak baik-baik ya dibawah ini kakak akan jelaskan yang di ambil dari berbagai sumber.

4 Alasan Seraga Pramuka Berwarna Cokelat

Pertama adalah alasan untuk mengenang jasa pahlawan. Warna cokelat sengaja dipilh agar anggota Pramuka tak lupa pada semangat dan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara. Hal itu secara resmi tercantum pada Bab I Pasal 5 Ayat B dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pakain Anggota Gerakan Pramuka

Kedua, mengutip berbagai sumber, warna cokelat muda pada kemeja mencerminkan air yang mengalir di seluruh negeri. Sedangkan warna cokelat tua pada rok atau celana menggambarkan warna tanah di Indonesia. Sementara warna merah-putih pada setangan leher bermakna bahwa anggota Pramuka harus siap mempertahankan kibaran bendara di tanah airnya

Ketiga adalah warna cokelat tunas kelapa sebagai perlambang Pramuka yang diciptakan oleh salah satu tokohnya, Soenardjo Atmodipurwo. Tunas kelapa diartikan sebagai tunas penerus bangsa. Buah kelapa yang tahan lama menggambarkan sifat anggota Pramuka yang kuat secara jasmani dan rohani. Selain itu, buah kelapa yang bias tumbuh di mana saja menyiratkan harapan agar anggota Pramuka mampu beradaptasi dalam kondisi apa pun.

Keempat, merunut pada sejarah awal gerakan kepanduan dunia. Sebagai pencetus Pramuka, Lord Baden Powell getol dalam berpetualang. Medan perjalanan yang dipenuhi oleh tanah dan lumpur pelan-pelan membikin pakaiannya berubah berwarna cokelat. Alhasil, Powell menginisiasikan agar warna cokelat menjadi seragam anggota Pramuka.

nah kalian sudah tahu kan sekarang? untuk lebih tahu tentang pramuka siaga kalian juga bisa menggunakan aplikasi panduan pramuka siaga.

Sumber : Kwarda Jatim (IG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *