RTIK Tuban Gandeng Blogger Tuban Gelar Acara Ngabubur-IT

Diposting pada

Tuban – Bulan ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, kali ini Relawan TIK Tuban mengandeng Komunitas Blogger Tuban untuk mengisi kegiatan Ngabubur-IT dengan tema “Fun Blogging” yang mempelajari bagaimana membuat blog dan manajemennya, SEO, serta berpenghasilan dari blog walaupun ala kadarnya. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 diikuti kurang lebih 15 peserta dari berbagai daerah pelosok desa, maupun kecamatan di Tuban. Sekitar pukul 13.00 WIB dari jadwal yang disosialisasikan hingga waktu maghrib (Buka Puasa) peserta antusias mendengarkan materi-materi yang disampaikan para narasumber di Gedung LPSE Lantai 2 Pemda Tuban. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Dinas Kominfo Kabupaten Tuban terdapat 2 sesi judul yang pertama dari Relawan TIK dan dari Emak Blogger Tuban.

Sesi I : Pengenalan dan Pembuatan Blog, Serta Manajemennya Oleh Pemateri dari RTIK Tuban

Pada sesi I peserta dikenal dengan salah satu penyedia blog gratis yaitu Blogger layanan blog dari google. Dari hasil materi yang diterima agar lebih kearah aksi, peserta diajak menuliskan berita tentang kegiatan Fun Bloging. Pelatihan itu diikuti puluhan orang dari berbagai daerah di kabupaten Tuban. Para peserta pelatihan diajarkan cara membuat blog, dengan tujuan dapat menuai penghasilan melalui blog tersebut.

“Jangan sampai kita hanya sebagai seorang pembaca saja, tapi sekali-kali tulisan kita lah yang di baca orang lain” Ujar kak Rizal selaku pemateri.

Untuk Sesi II kali waktunya Pemateri dari Blogger Tuban yang diwakili oleh Wakil Ketua BTC yaitu Bu Anis Khoir yang merupakan empunya aniskhoir.com. Bu Anis dalam kiprahnya dunia blogging sudah sejak 2008 dan aktif menjadi emak blogger di Tuban. Dalam kesempatan ini beliau memberikan pengalaman trik untuk peserta fun blogging di acara ngabubur-IT, mulai dari alasan mengapa nge-blog, bagaimana mengenalkan blog, yang terpenting dalam blogging adalah bagaimana menarik pengunjung ke blog kita, agar blog kita semakin branded.

Sesi II : Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog

Dari Hasil pelatihan ini terdapat beberapa hasil tulisan blog peserta fun blogging :

  1. Dahrul Mustaqim : http://sastrasantriindonesia.blogspot.co.id/2018/05/relawan-tik-tuban-adakan-ngabubur-it.html
  2. Fuad Khoiruman : https://developmenthumanresources.blogspot.co.id/2018/05/5-kesalahan-yang-harus-dihindari-saat.html
  3. Karmuji : http://karmujigurudahsyot.blogspot.co.id/2018/05/pak-gembrot-guru-menghypnotist.html
  4. Eko Supratikno : https://supratikno978.blogspot.co.id/2018/05/indahnya-goa-suci-tuban.html
  5. Shodikin : https://mikiepedia.blogspot.co.id/2018/05/cara-budidaya-ikan-mujair-terbaik.html
  6. Kak Rizal (RTIK) : http://kakrizaladventure.blogspot.co.id/2018/05/indahya-goa-ngerong-rengel-tuban.html

Semoga dengan kegitan RTIK Tuban dan Blogger Tuban mampu memikat warga tuban untuk lebih mengenal tentang sistem informasi dan teknologi terkini dan positif. Selain dengan kegiatan ini mampu memberikan edukasi ke masyarakat.  [ana]