Puasa Tetap Produktif, Tips Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Diposting pada

andhikanurafian.web.id – Puasa sudah memasuki 9 hari di bulan Ramadhan tidak alasan untuk bermalas-malasan di kantor ataupun saat bekerja, walapun menurut kutipan yang saya baca dari tribun ramadhan Berbicara tentang puasa, tentunya sudah tak asing dengan hadis yang mengatakan,”Tidurnya orang berpuasa merupakan ibadah”. Namun sayangnya, masih banyak orang yang menyalahartikan makna dari hadis tersebut.

Nah sobat pantura, bagaimana kalo kita bekerja yang seharian dilapangan? kadang ngantuk terasa lelah. Ini ada tips sederhana untuk para pekerja yang kerja direntang waktu 08.00 – 15.00 wib kadang yang sering dilanda rasa kantuk yang tidak tertahan. Tips kali ini agar produktif di Bulan Puasa :

Jalan-Jalan Kecil 10 Menit

Ketika puasa, Anda mungkin tak berminat untuk bangun dari kursi dan berjalan-jalan. Namun jalan-jalan ringan saja tak akan membahayakan, dan tak akan membuat Anda semakin lelah, terutama saat berpuasa. Sebaliknya, jalan-jalan sebentar di sekitar tempat kerja akan membuat tubuh kembali segar. Jadi, bangun dari kursi Anda dan berjalan-jalanlah sejenak ke luar ruangan. Hirup udara yang segar, lihatlah taman, pepohonan, atau pemandangan lain yang bisa menyegarkan penglihatan Anda.

Selain melancarkan sirkulasi darah ke otak dan membuat saluran pernapasan lebih longgar. Ini akan menyingkirkan ngantuk dan rasa malas yang menempel pada tubuh Anda.

Cari Lokasi Meja Kerja Dengan Suasana Terang

Suasana terang merupakan trik untuk menambah semangat atau mood dari seorang pekerja, coba usahakan agar sinar matahari bisa masuk lebih leluasa ke dalam ruangan. Atau nyalakan lampu lebih terang. Bila pencahayaan di dalam ruang kerja terlalu redup, rasa kantuk bisa terasa lebih berat. Bisa di ruang perpustkaan terbuka jika di tempat kerja anda menyediakan ruangan tersebut.

Cuci Muka Anda dengan Air Dingin

Kita bisa berwudu dan menunaikan salat sunah dhuha misalnya, bila rasa kantuk datang pada jam-jam sebelum waktu zuhur. Selain itu, kita juga bisa coba untuk mencuci muka atau membasuh kaki dengan air dingin untuk membuat tubuh terasa lebih segar. Wajah yang tadinya kusut bisa kembali tampak segar setelah dibasuh air dingin.

Mengobrol atau Tertawa

Luangkan waktu beberapa menit untuk mengobrol dengan rekan kerja. Atau bila tidak ada yang bisa diajak mengobrol, mungkin bisa cari tempat yang nyaman lalu menonton video lucu. Dengan mengalihkan perhatian melalui obrolan dan tawa, rasa kantuk bisa bisa berkurang dengan sendirinya.

Rileksasi dengan Latihan Pernapasan

Cari posisi tubuh senyaman mungkin. Duduklah dengan punggung tegak dan tangan memegangi perut. Lalu, tarik napas dalam-dalam secara perlahan sampai perut terisi udara cukup penuh. Kemudian, hembuskan perlahan melalui mulut. Lakukan selama beberapa kali sampai tubuh dan pikiran terasa lebih segar.

Nah itu sedikit tips buat kalian agar tetap semangat dalam berpuasa, sehingga tetap produktif memberikan hasil kerja maksimal juga bisa menambah pahala ibadah dengan kerja yang ikhlas. Semoga semua ibadah yang kita lakukan berbuah berkah dan pahala berlipat.


Sumber :

judul Ustaz Syam Ungkap Makna di Balik Hadis Tidurnya Orang yang Berpuasa adalah Ibadah, http://www.tribunnews.com/ramadan/2019/05/11/ustaz-syam-ungkap-makna-di-balik-hadis-tidurnya-orang-yang-berpuasa-adalah-ibadah.
Penulis: Grid Network

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *