Tutorial Flutter : Pengenalan Tentang Flutter

Diposting pada

Hai sobat, kali ini saya akan membahas tentang apa itu flutter yang semakin nge-tren di kalangan programmer berbasis mobile. Sekali-kali saya posting tentang kehidupan yang vakum sekitar kurang lebih 2 tahun, hemm mungkin begitu. Kali ini mencoba bereksperimen dengan Flutter dan Android Studio, Daripada kalian penasaran atau belum tahu apa itu Flutter, simak penjelasannya dibawah ini.

Pengembangan ponsel lintas platform saat ini penuh dengan kompromi. Pengembang terpaksa memilih antara membangun aplikasi yang sama beberapa kali untuk beberapa sistem operasi, atau menerima solusi denominator umum terendah yang memperdagangkan kecepatan asli dan akurasi untuk portabilitas. Dengan Flutter, kami yakin kami memiliki solusi yang memberi Anda yang terbaik dari kedua dunia: grafis akselerasi perangkat keras dan UI, ditenagai oleh kode ARM asli, yang menargetkan kedua sistem operasi seluler populer.

Flutter adalah sebuah framework open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun antarmuka (user interface/UI) aplikasi Android dan iOS. Flutter dapat dengan mudah dipelajari karna menggunakan bahasa pemrograman Dart yang pastinya terasa familiar jika sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman Java atau Javascript. Selain itu Flutter juga menyertakan kerangka reactive-functional, mesin render 2D, widget siap pakai, dan tools untuk pengembangan.

Karakteristik Flutter ada empat dimensi:

Flutter memungkinkan Anda membuat aplikasi yang indah. Kami ingin memungkinkan para desainer untuk memberikan visi kreatif penuh mereka tanpa dipaksa untuk mempermudahnya karena keterbatasan kerangka kerja yang mendasarinya. Flutter memungkinkan Anda mengontrol setiap piksel di layar, dan kemampuan komposisinya yang kuat memungkinkan Anda overlay dan menghidupkan grafik, video, teks, dan kontrol tanpa batasan. Flutter mencakup satu set lengkap widget yang menghadirkan pengalaman pixel-perfect di iOS dan Android. Dan itu memungkinkan realisasi akhir Desain Material, sistem desain terbuka Google untuk pengalaman digital.

Cepat. Ini didukung oleh mesin grafis Skia 2D akselerasi perangkat keras yang sama yang menopang Chrome dan Android. Kami merancang Flutter untuk dapat mendukung grafis bebas glitch, jank pada kecepatan asli perangkat Anda. Kode flutter didukung oleh platform Dart kelas dunia, yang memungkinkan kompilasi untuk kode ARM 32-bit dan 64-bit asli untuk iOS dan Android.

Produktif. Flutter memperkenalkan hot reload stateful, kemampuan baru yang revolusioner untuk pengembang dan perancang ponsel untuk beralih pada aplikasi mereka secara real time. Dengan hot reload stateful, Anda dapat membuat perubahan pada kode aplikasi Anda dan melihat hasilnya secara instan tanpa memulai ulang aplikasi Anda atau kehilangan statusnya. Stateful hot reload mengubah cara pengembang membangun aplikasi – dan dalam survei pengguna, pengembang mengatakan itu membuat siklus pengembangan mereka tiga kali lebih produktif.

Flutter terbuka. Flutter adalah proyek sumber terbuka dengan lisensi gaya BSD, dan mencakup kontribusi ratusan pengembang dari seluruh dunia. Selain itu, ada ekosistem yang hidup dari ribuan plug-in. Dan karena setiap aplikasi Flutter adalah aplikasi asli yang menggunakan alat bantu standar Android dan iOS, Anda dapat mengakses segala sesuatu dari sistem operasi yang mendasarinya, termasuk kode dan UI yang ditulis di Kotlin atau Java di Android, dan Swift atau Objective-C di iOS. Kemampuan baru evolusioner untuk pengembang dan perancang ponsel untuk beralih pada aplikasi mereka secara real time. Dengan hot reload stateful, Anda dapat membuat perubahan pada kode aplikasi Anda dan melihat hasilnya secara instan tanpa memulai ulang aplikasi Anda atau kehilangan statusnya. Stateful hot reload mengubah cara pengembang membangun aplikasi – dan dalam survei pengguna, pengembang mengatakan itu membuat siklus pengembangan mereka tiga kali lebih produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *