Pantai Gua Cina Malang, Dibalik Eksostis dan Cerita Misteriusnya

Diposting pada

Pesona wisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur ternyata bukan hanya didominasi oleh destinasi yang ada di alam pegunungan saja. Puluhan pantai yang berada di Kabupaten Malang juga memiliki daya tarik bagi wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Gua Cina yang berada di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang Selatan. Ketika saya mendengar nama Pantai Gua Cina ini dari seorang teman, katanya waktu itu pantai ini sangat indah, bayangan yang muncul, namanya pantai yang seperti itu, pasir, air dan cuaca khas pantai yang panas itu pasti.
Dari cerita teman yang pernah berkunjung ke Pantai Gua Cina, membuat penasaran untuk bisa melihat langsung keindahan alam bahari Pantai Gua Cina itu. Hanya saja untuk sampai ke lokasi tersebut memerlukan perjuangan lebih karena lokasinya yang berada sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Malang. Pemadangan pegunungan dengan batuan kapur menghiasi sepanjang perjalanan kini setelah hampir 2,5 jam perjalanan dari atas bukit mulai terlihat hamparan laut biru.

Sejarah dan Perkembangannya

Pemandangan ketika pertama masuk wisata pantai gua cina malang

Disini kamu bisa melihat pulau yang berada di tengah pantai yaitu pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Arus gelombang di Pantai Goa Cina sangat kuat dan menimbulkan suara gemuruh, oleh karena itu tidak ada perahu nelayan yang bersandar di pantai ini.
Selain batu karang dan pulau kecil di tengahnya, ada sebuah gua dengan kisahnya sehingga pantai ini dinamakan Pantai Goa Cina. Goa ini berada dalam bebatuan karang yang besar memang sudah ada sebuah di bagian sisi kanan pantai. Jika kamu mau melihat goa nya secara langsung, maka kamu harus naik ke karang yang tidak terlalu tinggi.
Kamu akan melihat jalur petunjuk untuk memasuk ke Goa dan ada petunjuk yang menjelaskan legenda Goa China tentang seorang petapa dari Cina yang bertapa di dalam gua bertahun-tahun sampai dia meninggal.
Pantai Gua China Malang memiliki kisah dan sejarah yang unik. Konon menurut cerita masyarakat setempat, ada sebuah gua di bukit pinggir pantai yang digunakan oleh seorang pertapa China untuk bersemedi. Akhirnya pertapa itu meninggal di gua tersebut. Hal itu diketahui ketika seseorang masuk, hanya ada tulang belulang sang biksu dan tulisan Mandarin di langit-langit gua. Hingga akhirnya pantai ini dinamakan Pantai Gua China oleh masyarakat.

Masjid Gua Cina

Rute Ke Lokasi :

Kalau kamu sudah pernah bermain ke Pantai Bajul Mati dan Sendang Biru, maka kamu juga pasti tau arahan dan rute ke Pantai Goa Cina. Hanya berjarak sekitar 15 menit dari pantai bajul mati, maka kamu bisa nemuin pintu masuk pantai ini sebelum jembatan bajul mati.
Setelah memasuki pintu masuk ke pantai, kamu masih harus mengikuti jalan yang sudah di aspal mulus untuk kemudahan dalam mengakses jalur utama pantai goa cina. Setelah melewati jalur beraspal, kamu akan melewati jalan bebatuan kapur berlekok-lekok sekitar 500 meter dan jalannya terlihat cukup parah sehingga agak sulit terutama yang berboncengan.

Harga Tiket Masuk.

Untuk harga tiket masuk Pantai Goa Cina sendiri tergolong sangat murah, hanya berkisar Rp.15.000, dan tiket karcis parker kendaraan 20.000 + air mineral 600 ml.

Fasilitas yang ada disekitar Pantai Goa Cina :

1. Masjid

2. Kamar mandi banyak

3. Tempat Makan Ikan Bakar

4. Gazebo

5. Puncak dyana

 

Pusat Kuliner

3 thoughts on “Pantai Gua Cina Malang, Dibalik Eksostis dan Cerita Misteriusnya

  1. Sekarang saya sudah jarang ke Malang. Tapi dulu-dulu suami nggak mau diajak ke pantainya. Jaraknya lumayan jauh dari Malang kota. Padahal deretan pantai selatan ini cakep-cakep. Mupeng deh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *