Hijaukan Daerah Pesisir, UPT P2SKP Bulu Tanam Ratusan Cemara Udang

Diposting pada
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Bulu, Kabupaten Tuban, menggelar acara menanam tanaman vegetasi pantai seperti Cemara Udang dan melakukan bersih-bersih di sekitar pesisir pantai di Tuban Jawa Timur.

Sekitar kurang lebih 350 pohon cemara udang, dan 50 bibit kelapa untuk ditanam di sekitar pelabuhan, dan pesisir di desa bulumeduru, kecamatan bancar, kabupaten tuban. Kegiatan ini bertajuk Gerakan Pesisir Berseri 2018 dengan tagline “Pantaiku Bersih, Lestari dan Berseri”. Dalam acara ini dihadira muspika bancar, komandan TNI AL, karang taruna desa bulumeduro dan banjarjo, serta sebanyak 200 Siswa-siswi anggota Pramuka dari SMA dan SMP di wilayah bancar.
Dalam sambutan kepala UPT P2SKP Bulu mengatakan “Tanaman Cemara Udang kita manfaatkan untuk penghijauan, yang nantinya memiliki 2 fungsi yang kita harapkan. Meliputi kelestarian alam dan bermanfaat pula untuk Pariwisata,”.
Selain berfungsi sebagai pelabuhan nelayan, dijelaskannya, UPT P2SKP Bulu Kabupaten Tuban ke depannya akan dibuat sebagai taman wisata pesisir yang bisa berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan karena hijau pantaiku, bersih, teduh dan asri. “Ke depannya nanti akan menjadi obyek wisata yang asri, edukasi untuk pembelajaran dan akan berimbas positif pada tingkat perekonomian masyarakat setempat,” paparnya. Diharapkan setelah dilakukan penghijauan di UPT P2SKP Bulu Kabupaten Tuban ini. warga sekitar, baik nelayan ataupun pengunjung tetap merawat dan menjaga agar taman wisata pesisir tetap asri dan sejuk.
Dipilihnya pemuda dari karang taruna untuk ikut berpartisipasi, khususnya kalangan pelajar, karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa dan diharapkan menjadi pelopor untuk mewujudkan program pesisir berseri dan menjaga kelestarian lingkungan” Papar Kasubag TU P2SKP Bulu. Dalam sesi edukasi bersama Pelopor Lingkungan Hidup di Tuban dan pernah mendapatkan Penghargaan Kalpataru pada tahun 2010 yaitu beliau Bapak H.Ali Mansur dengan tema “Peran Pentingya Penanaman Vegetasi Pantai di Pesisir Pantai Utara”.
Pembukaan dan Penyerahan Simbolis Gerakan Pesisir Berseri
Pesisir Pantai Berseri 2018 ini semakin meriah dengan banyaknya fun games yang doorprize berbagai hadiah dari panitia yang diikuti oleh seluruh peserta dan pemberian trophy bagi tim peserta paling peduli lingkungan dan kompak. Serta, diiringi hiburan musik dan tongklek (hiburan khas Kabupaten Tuban Jawa Timur).
Hiburan New Putra Mustika