Fitur Dark Mode Whatsapp Sudah Tersedia, Pastikan Update Terbaru!

Beberapa hari yang lalu Whatsapp atau aplikasi chat yang sudah memasyarakat dengan sebutan WA, kini menghadirkan fitur Dark Mode. Apa itu Dark Mode? Dark Mode adalah mode gelap atau pada saat fitur ini diaktifkan  warna latar smartphone kalian akan berwarna gelap atau hitam tidak putih seperti biasanya. Bagian kalian mungkin ini ada sebagian memberikan keuntungan dari berbagi sisi. Kalian mau mencoba fitur ini baik di versi biasa atau bisnis bisa semua, cek cara dibawah ini :

 

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mode gelap bisa dipakai di perangkat pengguna. Namun, jika langkah ini sudah diikuti dan masih belum bisa menikmati mode gelap WhatsApp, maka pengguna perlu bersabar hingga pembaruan WhatsApp mampir ke ponsel mereka.

1. Pastikan WhatsApp sudah diperbarui

Untuk bisa menggunakan mode gelap, pastikan versi WhatsApp yang digunakan sudah yang paling baru. Untuk iOS adalah versi 2.20.30, sementara di Android, versi teranyar adalah 2.20.69. Untuk versi bisnis 2.20.25.

Untuk mengecek versi WhatsApp terbaru, lakukan langkah berikut.

Android:
– Pada aplikasi WhatsApp klik titik tiga di kanan atas
– Klik Setting (pengaturan)
– Klik Help (bantuan)
– Klik App Info (informasi aplikasi)
– Muncul logo WhatsApp Messenger beserta versi WhatsApp yang digunakan

 

 

iOS:
– Pada aplikasi WhatsApp di iPhone klik Setting (pengaturan) yang ada di kanan bawah.
– Klik Help (bantuan)
– Muncul logo WhatsApp Messenger beserta versi WhatsApp yang digunakan di bagian atas layar.

 

2. Pastikan sudah menggunakan iOS 13

Pengguna iPhone mesti memastikan ponselnya sudah menggunakan iOS 13 untuk bisa mengaktifkan mode gelap di WhatsApp.

 

Setelah kalian mengaktifkan fitur dark mode (mode gelap) whatsapp memang memiliki beberapa kelebihan yaitu :

 

Baterai Lebih Tahan Lama pada Layar OLED

OLED merupakan akronim dari organic light-emitting didode. Di dalam dioda organik tersebut, terdapat lapisan tipis yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Mengapa demikian? Pada layar OLED, piksel akan mati jika layar menampilkan warna hitam sehingga ketika pengguna mengaktifkan mode gelap, lebih hemat baterai. Contoh pada layar yang menggunakan AMOLED.

 

Tampilan Mode Gelap Cocok untuk Penderita Fotofobia

Fotofobia merupakan rasa takut abnormal pada cahaya. Kondisi ini menyebabkan mata menjadi sakit bahkan dalam kondisi cahaya yang relatif rendah sekalipun dan memicu migrain.

Mode Gelap Terlihat Bagus di Lingkungan yang Kurang Pencahayaan

Misalnya, ketika pengguna sedang berbaring di tempat tidur sambil membaca sesuatu yang ada di ponsel mereka, akan jauh lebih baik untuk membaca teks putih di latar belakang hitam dibanding wajah pengguna diterangi oleh cahaya putih terang. Namun bagi kalian yang mata minus atau silinder ini jadi mempersulit untuk membaca cepat.

 

Nah itu seputar fitur terbaru tentang mode gelap whatsapp.

Tinggalkan Balasan

1 Komentar