Goa Lowo, Wisata Alam Yang Menyimpan Sejuta Misteri

Diposting pada

andhikanurafian.web.id – Menikmati alam merupakan hal yang paling membuat kita tetap fresh, mungkin kawan paling suka jikalau diajak traveling, eh tapi tunggu dulu ya… ini musim lagi tidak tentu, kita perlu waspada atau berhati-hati. Sejenak kita melihat keindahan yang dimiliki Indonesia, khususnya di daerah Jawa Timur memiliki ribuan pesona yang menakjubkan dan adakala menyimpan sejuta cerita sejarah. Salah satu tempat yang telah saya kunjungi pada hari sabtu (23/03/2019) yaitu Wisata Alam Goa Lowo, Watulimo, Trenggalek. Goa Lowo ini merupakan goa yang terpanjang di asia tenggara, dibawah ini saya ulas cerita sejarahnya, lokasi tempuh, harga tiket, dan apa yang harus dipersiapkan ketika memasuki goa.

Sejarah Goa Lowo
Goa Lawa merupakan salah satu objek wisata di Trenggalek yang patut anda kunjungi. sejak diresmikannya menjadi objek wisata pada tahun 1984, Gua Lowo atau dalam bahasa jawanya gua kelelawar telah dikunjungi oleh puluhan ribu pengunjung. Sampai sekarang, goa yang terkenal sebagai goa terbesar dan terpanjang di asia tenggara ini masih menyimpan sejuta misteri.

Sebutan tersebut didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli goa asal perancis, panjang Goa Lawa ini berkisar 2 KM. namun, dari total keseluruhan goa hanya 850 meter yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Untuk menyusuri sisanya yang sepanjang 1.150 meter pengunjung harus menyelami sungai bawah tanah sedalam 10 Meter.

Foto di depan Tugu Putri Lowo

Dimana Goa Lowo? Goa Lowo terletak di desa watu agung, kecamatan watulimo atau berjarak sekitar 30 KM dari pusat kota Trenggalek maupun dari kota Tulungagung, lokasi goa ini sangat mudah untuk ditemukan karena adanya papan yang cukup besar di tepi jalan yang menunjukkan adanya objek wisata Goa Lawa. Goa ini juga satu rute dengan Pantai Prigi, jadi pengunjung bisa sekaligus berkunjung ke pantai prigi.

Rute Untuk Menuju Lokasi
ada 3 jalur yang bisa anda lalui untuk menuju objek wisata Goa Lawa. yang pertama lewat jl. raya bandung – prigi (35 KM), kedua lewat jl. raya boyolangu dan jl. raya bandung (35,7 KM), ketiga jl. kimangun sakoro dan jl. raya bandung (37 KM). namun yang paling dekat adalah rute yang pertama dengan estimasi waktu sekitar 57 menit.

Tiket Masuk
Hari Biasa : Rp 7.500 (dewasa)
Hari Libur (Sabtu-Minggu) : Rp 10.000 (dewasa)

Hal yang perlu disiapkan ketika masuk ke goa lowo, sandal anti licin (karena lokasi disini sangat licin jika tidak berhati-hati, embun tetesan air membasahi jalan untuk menyusuri goa), Senter Kecil (untuk membantu penerangan yang di lokasi minim penerangan, walaupun di dalam lokasi sangat terang), masker (jika merasa kurang nyaman dengan aroma gua/kelelawar). Yang penting tidak melakukan perusakan atau hal yang tidak boleh dilakukan pengunjung.