Hai Sobat Blogger ceria, setelah lama tidak menulis sebuah artikel pengalaman atau informasi seputar teknologi maupun soft skill, kali ini Sahabat Blogger Kak Andhika akan belajar beretika saat menggunakan media komunikasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita apalagi menjadi hal utama disaat pandemi, dimana semua orang diharuskan untuk social distancing (Mengurangi Kontak Fisik) ataupun mobilitas kegiatan. Jangan khawatir bagi sobat jobseeker, kali ini akan saya bahas tips mengirim lamaran via email, jadi ketika mengirim email harus memperhatikan etika ya sobat. Berikut tips yang sobat wajib pahami.
Tips dan Etika Mengirim Lamaran via Email atau Surat Elektronik
1.Isi Subjek Email Dengan Benar dan Tepat
Bagian pertama yang dilihat seorang HRD saat membuka email yaitu Subjek Email, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menuliskan Subjek email yang benar dan tepat sesuai format yang telah disampaikan jika Tempat yang dilamar memberikan format subjek lamaran.
Misalkan format standar yang dituliskan pada subjek email itu : Nama / Kode Posisi yang Dilamar – Nama Lengkap Pelamar
2.Tuliskan Pra-Kata Pada Badan Email
Pada bagian ini kita bisa memberikan “First Impression” yang baik kepada HRD dengan menuliskan pra-kata atau kalimat pengantar sesuai / sebagai penunjang informasi lamaran kamu. Kerangka Pra-Kata meliputi : Salam Pembuka, Pembuka, Perkenalan Singkat, dan Penutup. Poin penting yaitu hal yang disampaikan lugas dan tidak bertele-tele.
3.Gunakan Email yang Formal atau Profesional
Mungkin hal ini di era 2008 an masih banyak tim alay, yang saat dimana saya juga pertama kali mengenal email dan internet. Nah sebelum mengirim lamaran pakai email, coba cek kembali apakah alamat email kita sudah formal? Mengapa perlu dicek kembali? Karena HRD juga akan mempertimbangkan hal tersebut dan menilai kepribadian kamu.
Pastikan email kamu sesuai nama kamu, apabila tidak memungkinkan bisa menambahkan beberapa angka atau istilah lain yang unik dan formal agar tidak terkesan berlebihan.
Misalnya : andikurnia@mail.com (Benar) , andikurnia01@mail.com (Benar) dan 4nd1k4kurn14@mail.com (Salah)
4.Kirimkan Lamaran di Waktu Yang Tepat
Walapun mengirimkan lamaran via email bisa dilakukan kapan saja, ada baiknya jika kita mempertimbangkan jam pengirimannya, misalkan di Jam Kerja Kantor/Instansi/Perusahaan yang dilamar agar peluang dibuka dan dibaca itu lebih besar. Saran waktu untuk mengirimkan via email Jam 09.00 sampai dengan 15.00.
5.Hindari Pengetikan Typo dan Disingkat-singkat
Cek kembali berkas dan isi email sebelum anda yakin klik send/kirim, sebaiknya lakukan final check apakah ada penulisan yang salah atau typo di bagian CV kalian, karena kerapian pengetikan, font, penggunaan warna, dan kesalahan pengetikan menjadi poin penilaian juga di HRD menjadi test tingkat kecerobohan atau keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan.
Nah semoga dengan 5 Tips tersebut dapat membantu kalian dalam mendapatkan pekerjaan, karena usaha dan mencoba itu lebih penting daripada diam. Salam Semangat!
Komentar Baru