E-Money : Memberikan Kemudahan Berbagai Transaksi Pembayaran

Diposting pada
Sistem Barter : Pembayaran Zaman Dahulu, dengan Tukar Menukar Barang Kebutuhan (Foto : Google)

Perkembangan jaman semakin cepat, salah satu perkembangan sistem pembayaran sebuah transaksi. Mungkin ada masih ingat dalam belajar ilmu sosial (IPS) waktu duduk dibangku sekolah dasar yang memberikan pengetahuan tentang orang terdahulu melakukan transaksi pembayaran, yaitu Barter. Sistem Barter merupakan sistem  tukar menukar barang untuk saling melengkapi kebutuhan sehari-hari. Salah satu contohnya barter Ikan Laut dengan Beras atau gerabah, kegiatan ini dilakukan orang jaman terdahulu sebelum muncul Mata Uang Pembayaran.

Sampai saat ini, pembayaran masih menggunakan mata uang pembayaran tunai seperti logam, dan kertas pecahan 2rb, 5rb, 10rb, 20rb, 50rb, dan 100rb. Seiiring perkembangan generasi milineal sekarang ini pembayaran akan menggunakan uang elektronik (E-Money). Sudah banyak kalangan pebisnis dan minimarket, dan pegiat bisnis dengan IT sudah bertahap menggunakan hal ini. Saya sendiri ketika menggunakan jasa ojek bayar dengan uang elektronik yang sudah tersimpan di Smartphone, Tinggal Satu Kali Klik selesai.. Sejak tahun 2014 pembayaran non tunai semakin dikembangkan.

Apa itu uang elektronik? Uang elektronik (atau uang digital) adalah uang yang digunakan dalam transaksi Internet dengan cara elektronik. Biasanya, transaksi ini melibatkan penggunaan jaringan komputer (seperti internet dan sistem penyimpanan harga digital). Electronic Funds Transfer (EFT) adalah sebuah contoh uang elektronik.

Uang elektronik memiliki nilai tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid) dimana sejumlah nilai uang disimpan dalam suatu media elektronis yang dimiliki seseorang. Nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran. E-money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose) dan berbeda dengan instrumen single purpose seperti kartu telepon.

 

Keuntungan menggunakan uang elektronik masa kini :

  1. Memberikan Kemudahan Transaksi dalam satu klik. Bagi anda yang menggunakan uang elektronik dengan perangkat tambahan aplikasi di smartphone, maka cukup 1x klik pembayaran anda selesai dan history pembayaran secara realtime.
  2. Transparan dan Cepat. Bagi orang yang fleksibel hal ini sangat menguntungkan tanpa membawa dompet besar untuk uang tunai.
  3. Tidak Ada Uang Kembalian (Recehan).
  4. Sangat bagus untuk hal transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi. salah satunya saat ini adalah E-Toll

maka jangan ragu untuk menggunakan uang elektronik di masa sekarang. Seperti di Tol, Minimarket, dan transaksi saat ini.