Kak Rizal Ketua RTIK Tuban dalam Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan KIM di Pendopo Kec.bancar (19/09/2018) Sumber : FB RTIK Tuban

Dinas Kominfo dan RTIK Tuban Ajak Pemuda Bancar dan Tambakboyo Melek IT

Diposting pada

Perkembangan teknologi saat ini sangat berkembang sangat cepat, baik dari perangkat maupun media informasi konten yang disajikan ke netizen masa kini. Salah satunya perkembangan sistem informasi yang sekarang ini semakin menjadi senjata untuk berpromosi baik produk lokal, maupun bidang pariwisata di pedesaan. Dengan ada terobosan dan inovasi meningkatkan masyarakat yang aktif dalam berinovasi, Dinas Kominfo Tuban dan Relawan TIK mengajak dan memberikan pendampingan pemuda-pemudi yang ada di Kecamatan Bancar dan Tuban pada Hari Rabu, 19 September 2018. Acara yang digelar di Pendopo Kecamatan Bancar ini cukup antusias dan cukup menarik dengan Tema Menuju Masyarakat Cerdas, Informatif, dan Inovatif

Tujuan Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), merupakan agar masyarakat yang harus melek IT dapat memanfaatkan media blog/website KIM untuk mengangkat potensi desa lewat online, sharing ilmu tentang citizen jurnalism dan fotografi berita Desa, sehingga bermanfaat dan menjadikan masyarakat cerdas, produktif, dan kreatif dengan TIK. Kegiatan ini dihadiri Narasumber Imadudin,SE selaku kepala bidang komunikasi dan informasi publik Dinas Kominfo Tuban, Perwakilan RTIK Afrizal Rizkillah yang lebih sering disapa Kak Rizal yang merupakan Ketua RTIK Tuban, Untuk Praktik konten, pemilihan foto, dan jurnalis dipandu bersama Chusnul Huda selaku Ketua KIM Ronggolawe Tuban.

Selain harus melek teknologi, Imadudin, SE Selaku Kabid Komunikasi dan Informasi Publik, Diskominfo Tuban dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Kominfo Tuban, Ir. Hery Prasetyo S. MM menyampaikan, KIM merupakan lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan Uundang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. KIM termasuk bagian dari jaringan informasi serta media komunikasi dua arah, yaitu antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan lainnya.

Pelatihan Konten dan Pemilihan Foto Dalam Kejurnalistikan Bersama KIM Ronggolawe Tuban

Manfaat media website KIM/Blog, berdasarkan manfaat utama sistem informasi :

  1. Memberikan Informasi
  2. Memberikan Pelayanan
  3. Sarana Promosi atau Pengenalan Produk

Dengan diadakan pendampingan tersebut dapat menambah inovasi, dalam ulasannya di media tubankab.go.id Kak Rizal mengatakan “bahwa pihaknya merasa sangat senang dengan keseriusan peserta dalam mengikuti kegiatan pembinaan dan pendampingan KIM. Sehingga diharapkan, usai kegiatan para peserta dapat mengembangkan konten web blog yang sudah dibuat dan dimiliki sebagai sarana penyebarluasan informasi potensi desa masing-masing.”

Visi KIM : demi terwujudnya masyarakat inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera.

Misi KIM : mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri, meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antaranggota masyarakat dan antara pemerintah dengan masyarakat. Kemudian, meningkatkan kemampuan anggota KIM dan masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi.

Dari hasil kegiatan tersebut, terpantau dari Group Facebook RTIK Tuban yang memiliki antusias tinggi meliputi beberapa rekan-rekan KIM :

  1. Bancar – Bancar : https://kimremesbancar.blogspot.com/
  2. Bulumeduro – Bancar : https://kimminapolitanbulumeduro.blogspot.com/
  3. Boncong – Bancar : https://kimboncongbahari.blogspot.com
  4. Pugoh – Bancar : https://kimmonkeyfruitpugoh.blogspot.com/
  5. Sotang – Tambakboyo : https://kimsotang.blogspot.com/
  6. Gadon – Tambakboyo : https://kimgadonjaya.blogspot.com/
  7. Cokrowati – Tambakboyo : https://kimsendangcokro.blogspot.com/

 

 


Referensi :

  1. Website Tuban : https://tubankab.go.id/entry/diskominfo-gelar-pembinaan-dan-pendampingan-kim-ini-tujuannya-1
  2. Group FB RTIK Tuban Untuk Foto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *