RTIK ONLINE CLASS

Membangun Blog Dan Literasi Digital Tengah Pandemi

Bersama Kak Andhika (Founder PLKDEV) dan Kak Hiday Nur (Founder Sanggar Caraka). Dengan ini kita bisa membudayakan menulis dari pemula jadi profesional.

 

Memulai Menjadi Penulis

Memulai menjadi penulis atau literasi itu sangat mudah sekali asal memliki karakter yang sesuai dasar yang kita miliki. Dengan banyak platform penyedia sebagai literasi digital, maka dengan ini memudahkan bagi pemula untuk memulai menulis. Menurut Kak Hiday ketika mengisi RTIK Online Class menjelaskan secara detil, yang menjadi Kunci Utama adalah ulet, banyak membaca dan sering-sering ikut komunitas yang memberikan satu atmosfer agar kita tidak bosan dalam menulis.

LINGKUNGAN KONDUSIF

Menulis kadang membuat kita bosan, apalagi suasana lingkungan yang tidak mendukung, hal tersebut dapat mengurangi mood kita dalam menorehkan isi pikiran kita. Maka banyak cara salah satunya bisa di Sanggar Caraka.

mentoring / BIMbingan

Menulis itu sama kita akan melakukan sebuah skripsi sehingga butuh mentoring atau bimbingan secara periodik, sehingga mapping peta tulisan kita mampu runtut plot alur naskahnya. Sehingga hasil yang kita dapat optimal.

Tentukan Karakter Tema Menulis

Seorang penulis itu harus menentukan niche atau kategori yang akan kita tulis sebagaimana seperti seorang blogger yang membangun literasi di bidang teknologi, kuliner, travelling sehingga tidak gado-gado itu mejadi lebih mudah untuk membangun sebuah karakter sebagai penulis.

Cara Membangun Blog atau Website

Beberapa tahapan untuk membuat blog atau website pribadi yang sering dugunakan kawan-kawan Komunitas Blogger Tuban dengan Platform populer dan mudah. Jika ingin sedikit merogoh kocek dikit bisa deh ambil domain di hosterbyte.com atau bahureksa.com ini recomended dari penulis. Ya bukan promosi tapi memang pelayanannya bagus dan ramah.

PLATFORM BLOG

Bagi pemula blogger bisa memilih dulu platform mana yang akan digunakan. Karena banyak sekali, misalnya : WordPress, Blogspot, Joomla dan CMS blog lainnya.

PILIH TOPIK (NICHE)

Agar Blog kalian tidak secara Gado-Gado, tentukan kategori dulu ya. Niche : Kuliner, Travelling, Edukasi, atau bisa Teknologi. Tergantung basic karakter keseharian anda.

UI Elements

Ini kadang menjadi juga masalah ketika UI / tampilan blog kita berat untuk diakses baik secara mobile atau laptop. Tipsnya gunakan Themes / Tema yang minimalis dan ringan.

TIDAK PERLU PINTAR Code

Seorang Blogger tidak perlu pintar terkait code (ngoding) yang penting konten yang kita tulis bagus dan cukup memberikan informasi dan first page google, itu sudah keren.

GRAFIS aTAU ILUSTRASI

Menulis tanpa kita memberikan ilustrasi, membuat pembaca kadang bosan untuk melihat keseluruhan artikel. Nah, buatlah grafis dengan aplikasi sederhana yang sudah banyak di playstore.

RAJIN POSTING ATAU Updates

Rajinlah Posting Artikel, Minimal 500 kata dalam sehari atau dua hari. Biar blog kita kelihatan ada pemiliknya. Karena mesin pencarian akan sering menemukan kita, jika kita sering muncul.

BACA SEKARANG!

Anda ingin megetahui terkait wisata maupun kegiatan tradisi terkait kota tuban bisa mengunjungi website Komunitas Blogger Tuban atau bisa unduh aplikasi Perahu Layar Kertas di Playstore.

Ingin Baca Lainyya

Dibawah ini artikel terbaru teratas yang ada di blog saya, semoga bermanfaat untuk kawan blogger.

Tips Merawat Buku Koleksi Kita di Masa Pandemi

Tips Merawat Buku Koleksi Kita di Masa Pandemi

Tips – Kamu pasti suka kesal kalau buku di rumahmu tiba-tiba menguning, padahal cuma disimpen aja nggak diapa-apain? apalagi di masa pandemi banyak buku yang kurang terawat, atau mungkin yang selama ini tidak tersentuh.

Tuban Anti Hoax, Begini Caranya Blogger Tuban Cek Berita Bohong

Tuban Anti Hoax, Begini Caranya Blogger Tuban Cek Berita Bohong

Media internet seiring kemajuan perangkat teknologi yang semakin pintar, semakin banyak hal-hal yang perlu kita amankan dan tidak mengajak dalam SARA yang menimbulkan perpecahan. Dua tahun silam Kepala Dinas Kominfo Tuban dan berbagai element pengerak Anti Hoax...

Membangun Blog Sebagai Media Literasi Digital

Ditulis Oleh : Andhika Nur Afian