Website, Sebuah Sarana Sistem Informasi Publik Paling Sederhana

andhikanurafian.web.id – Dunia digital tiap pekan selalu memberikan update informasi terkini, bahkan setiap detik selalu diberikan wacana baru dari perangkat pintar (smartphone) yang kita miliki. Sistem informasi publik yang sering kita jumpai maupun kita manfaatkan adalah website, secara tidak sadar kita sudah menggunakan hal tersebut sekedar untuk menulis curahan hati, uneg-uneg penulisnya, endorse, branding personal, dunia bisnis, hingga pendidikan. Mengapa kita secara tidak sadar memanfaatkan tersebut? nah kalian pasti yang hobi nge-blog pasti bersentuhan dengan hal tersebut, walaupun kita sebagai user dengan media blogger/blogspot ya sobat.

seorang blogger baik self-hosted maupun non-hosted (menggunakan media penyimpanan dari pihak penyedia) mungkin sering memanfaatkan nama alamat yang sering kita sebut domain sebagai branding atau bahkan hosting Storage yang besar bagi yang self-hosted. Domain sendiri kita kadang bingung mencari penyedia yang solid, kalian sekarang jangan ragu ada hosterbyte yang pemiliknya seorang blogger juga loh yaitu masbek.id. Hosterbyte merupakan salah satu penyedia layanan hosting dan domain yang berlokasi di Tuban Jawa Timur.  Hosterbyte.com berdiri pada 21 September 2015. Hosterbyte.com  lahir untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang mencari layanan hosting dengan kualitas dan support yang tak diragukan lagi. Hosterbyte.com memiliki komitmen untuk tetap membuat pelanggan tersenyum puas. Agar pelanggan tetap dapat menghubungi kami dengan cepat, kami siap melayani melalui Chat Telegram, whatsapp, email, dan telepon. Cukup dengan 1 kalimat : ” Hosterbyte Siap melayani dan menjadi partner bisnis anda “

Muat Lebih

Halaman Website HosterByte

Selain sebagai hiburan Website juga menjadi Sarana Informasi Publik, sebagaimana sesuai penjelasan beberapa pakar.

Undang undang no. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik menjelaskan bahwa hak untuk mendapatkan informasi publik adalah hak asasi warga negara yang wajib dilindungi oleh undang undang dan badan publik wajib menerapkan sistem informasi yang baik agar dapat menyampaikan informasi publik secara akrual baik melalu media elektronik maupun non-elektronik. Undang undang ini mendrorong badan publik termasuk pemerintah daerah untuk melakukan pengungkapan informasi yang wajar yang diketahui publik. (Puspita dan Martani, 2011).

DeLone dan McLean (1992) dan model Seddon (1997) menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas informasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi. Kualitas Informasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini merupakan persepsi pemakai mengenai kualitas informasi yang dihasilkan oleh internet yang digunakan oleh mahasiswa guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Beberapa karakteristik yang digunakan untuk menilai kualitas informasi antara lain adalah accuracy, timeliness, relevance, informativeness, dan competitiveness (Weber, 1999).

Kualitas informasi adalah tingkat relevan (relevant), ketepatan waktu (timely), aman dan disajikan dengan rancangan informasi yang baik dalam sebuah website (Liu dan Arnett, 2000). Kualitas informasi terbaik dapat diberikan oleh internet ketika bisa didapatkan dengan mudah (tidak susah dalam pencariannya), terorganisasi (teratur), dan tersedia dalam jumlah yang banyak (Istianingsih dan Wijanto, 2008).

Menurut Jogiyanto (2007:15) Kualitas informasi dapat digunakan untuk mengukur kualitas keluaran dari sistem informasi. Kualitas informasi berupa dokumen operasional laporan yang terstruktur yang memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut: relevan; tepat waktu; akurasi; kelengkapan; ringkas. Kualitas informasi merupakan model pengukuran yang berfokus pada keluaran yang diproduksi oleh sistem, serta nilai dari keluaran bagi pengguna.

Dari hal diatas penyajian konten secara visual atau sering disebut interface konten menjadi hal penting dalam membuat website :

  1. Warna, mengapa warna menjadi hal penting? ya, karena warna menjadi hal yang sepele tapi ketika user atau pengunjung menikmati halaman informasi kita jika memiliki beragam warna yang mencolok akan membuat mata kita lelah.
  2. Ejaan, hal ini penting sekali sebagai kualitas informasi yang disampaikan, tidak perlu bertele-tele untuk menjelaskan sebuah produk
  3. Ilustrasi yang sesuai.
  4. Kecepatan Akses. Rekomendasi bagi self-hosted, Gunakan Penyedia Hosting yang terpercaya dan memberikan pelayanan yang profesional seperti halnya Hosterbyte

Hal diatas merupakan, menurut saya lebih dominan dalam membuat sebuah website atau blog anda lebih diminati pengunjung. Salam Blogger, Salam Literasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar