Anak adalah Anugerah Terindah Di Keluarga

Posted on

Anak adalah Anugerah Terindah Di Keluarga – Anak merupakan anugerah terindah sekaligus amanah (titipan) yang Allah berikan kepada setiap orang tua. Dalam sebuah keluarga yang berbahagia selalu mengharapkan kehadiran si buah hati. Selain menjadi kado orang tuanya, kehadiran anak sebuah ujian hidup. Sehingga dalam merawat anak perlu banyak pertimbangan yang matang, agar anak yang kita miliki mempunyai bekal yang cukup dalam dunia dan akhirat dan mampu mikul dhuwur mendem njero marang wong tuwo. Mikul artinya memikul, yakni membawa diatas bahu. Duwur artinya tinggi, Mendem artinya menanam.  jero artinya dalam. Dengan demikian “mikul duwur mendem jero” arti mudahnya  adalah ada sesuatu yang harus dijunjung tinggi dan ada yang harus ditanam dalam-dalam. Masalahnya apa yang harus dijunjung tinggi dan apa yanng harus ditanam dalam-dalam dan dalam keadaan bagaimana hal itu dilakukan.

Bagaimana mengajarkan karakter anak sejak dini :

  1. Bersikap Konsisten : Ketika anda menjadi orang tua dan anak cenderung melihat apa yang anda lakukan, pembangunan karakter bisa dimulai dari sikap konsisten yang anda tunjukan dan lakukan. Dimana anak akan melakukan apa yang anda perintahkan, seperti jangan memakan benda asing, jangan duduk sembarangan, atau jangan membuang mainan sembarangan. ketika salah kita coba mengingatkan agar tidak mengulanginya.
  2. Pendidikan Keagamaan : perkenalkan anak dengan agama sedini mungkin, lalu menyekolahkan mereka dengan sekolah minggu agar atau mengajak mereka mengaji bersama anak-anak lain. Meskipun mereka belum mengerti hakikat utamanya. Setidaknya mereka sudah ditanamkan sifat takut akan Tuhan sejak awal.
  3.  Input yang Diterima : Berikan masukan / nasehat secara lembut dan perlahan-lahan,  karena mereka akan kembali ke kebiasaan mereka, inilah yang menjadi kunci para orang tua untuk menerapan kebiasaan sejak dini ke jalur yang baik.
  4. Anak adalah Peniru yang Baik : Hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan Cara Membentuk Karakter Anak Usia Dini, adalah memahami anak adalah seorang ahli peniru. Ketika anda mendidik karakter anak sejak dini, secara tidak langsung anda mengintrospeksi sikap dan perilaku anda kembali. Karena anak-anak sangat mudah belajar dan juga meniru. Apa yang mereka lihat maka akan ditiru tanpa tahu baik atau buruk, Sehingga kita sebagai orang tua selalu memberikan kebiasaan yang baik, misal tidak merokok di ruang keluarga, makan dan minum dengan sopan, jangan emosi didepan anak kecil/anak-anak kita.
  5. Tidak Memanjakan : Siapa orang tua yang tidak ingin memanjakan anak ? bagi mereka anak adalah harta yang berharga dan apapun yang mereka inginkan dan membuatnya bahagia bisa membuat anda bahagia. coba jangan selalu meberikan motivasi agar tidak memanjakan diri, karena Mereka yang hanya tahu merengek dan terkabul keinginannya akan menjadi karakter yang lemah, cepat putus asa, dan memiliki ego yang besar serta sulit untuk berfikir logis.
  6. Lakukan Hal Kecil : selalu membiasakan hal-hal kecil, seperti mengucapkan terima kasih, minta maaf ketika berbuat salah. karena mengatakan hallo, terima kasih dan maaf merupakan cara sederhana untuk membentuk karakter sejak dini. Mereka akan terbisa untuk menggunakan komunikasi ke sesama manusia dengan cara yang benar
  7. Berbagi itu Penting : Ajarkan anak untuk saling berbagi, dan rasa tolong membantu agar tidak terbentuk karakter yang pelit.
  8. Nyatakan Salah Jika Memang Salah :  ketika anak-anak kita (mereka) salah dan anda membelanya mati-matian hal tersebutpun salah. Bagaimana anda ingin membentuk karakter dengan baik, jika anda membenarkan hal yang salah. Untuk itu jika anda masih melakukannya stop sekarang juga. Hal ini apabila dibiarkan, akan memberikan efek negatif pada anak yang cenderung membenarkan sesuatu yang salah bahkan setelah ia mulai bersosialisasi di masyarakat
  9. Berkelanjutan : Anak anda sudah tidak lagi dini ? atau anda merasa bahwa ia sudah cukup mengerti apa yang anda ajarkan. Mendidik anak itu secara berkelanjutan tanpa memandang usia, namun materi yang orang tua sampaikan harus menyesuaikan usia anak-anak. Ketika beranjak dewasa berikan nasehat / pengetahuan yang sepantasnya dia mengetahuinya.
  10. Tanamkan Pada Semua Anak : Tanamkan semua hal diatas kepada semua anak, tidak boleh pilih-pilih baik dia tua atau muda, baik cowok maupun cewek.

Dengan hal-hal penting diatas semoga anak-anak yang kita miliki bukan menjadi kehadiran anak yang menjadikan ujian, tapi anugerah yang selalu diberikan kasih sayang, sehingga dia mampu menjadi generasi akhlakul karimah yang didambakan setiap orang tua.

6 thoughts on “Anak adalah Anugerah Terindah Di Keluarga

  1. Anak adalah peniru yang baik. Ini yg perlu di waspadai oleh setiap orang tua. Jangan sampai berbuat hal yang kurang baik dihadapan anak. Dikhawatirkan kelak anak akan melakukan hal yg sama.. Seperti membentak, kemudian bertengkar dengan pasangan dihadapan anak. Dll…

    Semoga setiap orang tua bisa memberikan contoh yang baik pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *