Sobat siapa yang tidak senang dengan bermain air, berendam, menyelam, sembari menikmati grojogan banyu (mandi air terjun, red) apalagi Menuruni 116 anak tangga menjadi tantangan saat Anda tiba di tempat wisata ini, yaitu Air Terjun Jumog di Karanganyar, Jawa Tengah. Siapa sih yang nggak kenal lokasi wisata ini, kamu belum tahu? Yuks simak ulasan saya saat berkunjung di Air Terjun Jumog pada bulan Desember Tahun kemarin 2019.

Mengenal Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan wisata andalan di Kabupaten Karanganyar. Obyek wisata ini berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Atau, sekitar 41 kilometer dari Solo. Udara sejuk dan hamparan pepohonan rindang mengelilingi tempat wisata ini. Anda tak akan kepanasan saat menuruni anak tangga yang terbuat dari semen lantaran naungan pohon-pohon pakis di sisi luar tangga yang menempel tebing.

Air terjun Jumog sempat dijuluki Surga yang Hilang. Pasalnya, sebelum resmi dibuka untuk umum pada 2004, air terjun ini ditutupi semak belukar. Hingga saat ini wisata ini di kelola oleh BUMDesa Berjo.

Kuliner Pinggir Sungai Sembari Main Air (From : XiaoYi SDV Picture)

Pemandangan Dari atas Jembatan

Fasilitas Wahana Air Terjun Jumog

Water Park Anak-Anak

Fasilitas lain yang disediakan pengelola berupa wahana permainan si kecil berupa jungkat jungkit, ayunan, dan bola panjat. Ada juga kolam renang untuk si kecil. Tapi, tidak banyak wahana air tersedia kecuali ember tumpah.

Kalian sobat blogger yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir kelaparan. Terdapat jajaran kios menyiapkan bermacam – macam menu, mulai dari mie instan hingga sate kelinci atau sate ayam. kalian malahan punya alternatif merasakan di dalam kios atau di pinggir anak sungai.

Deretan warung juga ada di jalur sebelum loket masuk air terjun. Mereka tak sekadar menawarkan makanan tetapi juga oleh-oleh produk masyarakat sekitar. Semisal, keripik ketela dan teh beragam rasa. Untuk Lebih jelas simak video vlog saya dibawah ini (Jangan Lupa di Subscribe ya…).

TRAVEL #5 AIR TERJUN JUMOG | WISATA KARANGANYAR

Tiket Masuk Air Terjun

Tiket masuk sebesar 10 (Sepuluh) Ribu Rupiah, Anak diatas 5 tahun dikenakan tarif sama. Untuk pengunjung Non-Domestik 25 (Dua Puluh Lima) Ribu Rupiah. Anda yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkan motor dan mobil di tempat yang telah disediakan pengelola. Tarif parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Rute Menuju Lokasi

Anda yang lebih menikmati menggunakan kendaraan umum, bisa naik bus dari terminal Solo. Pilih bus jurusan Tawangmangu atau Matesih, dan turun di Terminal Karangpandan. Perjalanan dilanjutkan menggunakan minibus jurusan Ngargoyoso atau Kemuning. Anda bisa turun di pos retribusi wisata Kemuning atau di Nglorog dan berganti naik ojek. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

Rute Dari Terminal Solo -- Karangpandan -- Lokasi

%d blogger menyukai ini: