Saat ini memang yang menjadi hal utama saat adanya Pandemi COVID-19 yaitu kita harus dirumah saja, untuk hal ini menjadikan kita juga harus bekerja dari rumah kan? atau yang sering kita dengan sebutan WFH (Work From Home) sampai di bidang akademik menjadi populer kelas online dengan menggunakan media daring / online. Dengan adanya ini menjadi peran kita untuk harus mau tidak mau harus bisa menggunakan perkembangan teknologi. Mungkin yang menjadi seorang pengajar atau menjadi pemimpin sebuah perusahaan pasti butuh meeting room. Kali ini saya akan memberikan beberapa solusi berbagai macam aplikasi Video Conference yang bisa menjadi presenting room maupun meeting dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan “Social Distancing” hingga “Phsycal Distancing” saat kita kerja dari rumah.

Aplikasi mendukung Meeting dan Presentasi secara daring :

1.WebEx

Sumber Gambar : www.solutel.com

merupakan aplikasi daring untuk melakukan meeting maupun presentasi secara online dengan teleconfernce yang mungkin ini sering digunakan sebuah perusahaan besar atau dinas dengan berbagai keunggulan fitur yang digunakan, low bandwith juga.  Selain itu bisa Face to face kemudian dapat berbagi presentasi di layar Anda, Multi media dan presentasi dapat dibagi hanya dengan menggunakan satu sentuhan tombol, dan didukung oleh sistem Keamanan Cisco Cross Platform.

 

2.Google Meet

Ini Salah Satu View Hangouts Meet ketika saya mengisi Materi di RTIK Tuban

Merupakan aplikasi presentasi secara daring yang bisa dimanfaatkan juga, namun untuk meet ini kita harus menggunakan akun GSuite untuk membuat Rapat atau Presentasi. Berbeda dengan Hangouts. Aplikasi yang satu ini sudah biasa digunakan oleh perusahaan untuk saling melakukan video conference antar tempat yang berbeda. Jadi tidak perlu adanya pertemuan fisik secara langsung. Selain perusahaan, sekolah juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar dari rumah. Kerennya, Hangouts Meet bisa digunakan untuk menggelar pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas dan durasi lebih dari 60 menit, loh! dan biasanya mereka juga mengintegrasikan dengan Google Classroom. Mau mencoba Google Meet Klik Disini

3.Hangouts

Aplikasi yang satu ini sudah biasa digunakan oleh perusahaan untuk saling melakukan video conference antar tempat yang berbeda seperti halnya Meet, namun disini kita bisa menggunakan akun Gmail bukan akun GSuite. Dengan durasi hanya kurang lebih 60 Menit saja.

 

4.Zoom

Aplikasi meeting daring menjadi pilihan bagi para pekerja yang terpaksa harus menyelesaikan pekerjaannya di rumah atau work form home karena wabah COVID-19. Salah satu yaitu Zoom ini merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Pada umumnya, para pengguna menggunakan aplikasi ini untuk melakukan meeting hingga konferensi video dan audio. Seperti apakah aplikasi tersebut?

Menggunakan Zoom untuk kopdar SF Community

Zoom ini juga dapat mendukung hingga 1000 peserta dan 49 video di layar dengan kualitas suara yang HD (High Definition). Mau mencoba klik Disini

 

5.Skype

Sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis. Mau mencoba klik disini

 

6.Video Call Whatsapp

Video Call Whatsapp Para pengguna Whatsapp dapat memanfaatkan fitur video call dengan memperbarui aplikasi dalam versi yang terbaru yang menghadirkan tombol khusus untuk panggilan suara atau panggilan video. Cara melakukan panggilan video dengan rekan-rekan kerja, pengguna cukup menekan ikon bergambar telepon dan tanda plus (+) pada sudut kanan atas. Tekan tombol tersebut untuk memulai video call group dan memilih anggota untuk diajak berkomunikasi. Sayangnya, para pengguna hanya dapat melakukannya dengan maksimal 4 orang rekan termasuk inisiator panggilan video grup tersebut.

Agar mereka tidak jenuh saya juga menggunakan aplikasi ini untuk meyapa teman-teman, bahkan keponakan saya menggunakan untuk saling sapa kawan-kawan di bangku Sekolah Dasar dengan Google Meet.