5 Indikator Kesehatan Dalam Teknologi Masa Kini

Kemajuan teknologi dalam dunia kesehatan menjadi hal yang sangat dibutuhkan, salah satu sejak ada teknologi yang digunakan untuk mengukur tingkat kesehatan sederhana untuk aktivitas harian, seperti gelang pintar, aplikasi android untuk aktivitas harian dan masih banyak lainnya. Mengapa kita perlu memantau kesehatan kita, karena tindakan pencegahan yang efisien hanya dapat dicapai dengan memonitor berbagai indikator kesehatan.

Apakah kita hanya menyadari ada sesuatu yang salah ketika tubuh sakit parah, atau ketika demam menyerang? Dengan memantau indikator kesehatan harian, data tersebut memberi tahu Anda tentang status kesehatan Anda secara langsung.

Apa Saja yang menjadi Indikator Kesehatan Harian

Heart Rate (Denyut Jantung) menjadi indikator Ketika tubuh mengalami demam, detak jantung akan lebih tinggi dari biasanya.

Mengapa demikian Jantung adalah pusat utama atau pilot semua kegiatan. Analisis detak jantung dapat digunakan secara efektif untuk memantau status kesehatan kita. Menurut penelitian, ketika suhu tubuh naik secara tidak normal, detak jantung akan meningkat; ketika suhu tubuh turun, detak jantung dan kekuatan kontraksi jantung akan menurun. Mereka yang memiliki detak jantung istirahat yang lebih tinggi memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular; mereka juga memiliki masa hidup yang lebih pendek dibandingkan dengan yang lain. Dengan melakukan latihan teratur, aktivitas sympathetic nervous tubuh berkurang, yang selanjutnya menurunkan denyut jantung istirahat, yang mengarah pada peningkatan fungsi jantung dan neuromodulasi yang lebih fleksibel.

RESPIRATORY RATE menjadi indikator kedua, Respiratory rate memainkan peran penting. PastikanTetap tepat untuk kesehatan Anda

Sobat Blogger mungkin tidak menyadari bahwa bernafas bukanlah sesuatu yang harus Anda terima begitu saja ketika Anda mengenakan masker? Laju pernapasan normal orang dewasa yang sehat adalah 12-20 napas per menit (brpm). Tingkat pernapasan yang rendah adalah indikator kondisi kesehatan yang baik secara umum. Bahkan selama latihan, tingkat pernapasan orang-orang dengan kebugaran fisik yang lebih baik seringkali lebih rendah. Ada banyak teknik pernapasan untuk membantu melepaskan stres Anda, membantu Anda rileks dan meningkatkan konsentrasi dan kualitas tidur Anda.

BLOOD OXYGEN SATURATION saturasi oksigen tubuh yang seimbang menjadi indikator paru-paru kita

Saturasi oksigen darah berkaitan erat dengan kesehatan paru-paru. Saturasi oksigen darah (SpO2) mengacu pada konsentrasi oksigen dalam darah manusia, yang merupakan indeks kunci untuk mengukur kesehatan manusia. SpO2 yang ideal harus 95-100%. Angka yang lebih rendah dari 90 dianggap terlalu rendah, tetapi angka itu mungkin berbeda dengan perbedaan fisik individu. Sebagai contoh, beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman di ketinggian karena berkurangnya SpO2. Memantau respons dan perubahan saturasi oksigen darah di berbagai negara dapat membantu Anda memahami keadaan Anda sendiri dengan lebih baik.

SLEEP MONITORING Indikator ini sepele tapi menjadi salah satu tingkatkan imun, Tidur yang nyenyak adalah garis pertahanan pertama daya tahan tubuh.

Menjaga daya tahan tubuh yang mudah yaitu dengan mengatur pola waktu tidur dan cukup waktu yang dibutuhkan selama sehari. Untuk menjaga Kekebalan sebagai garis pertahanan pertama melawan virus; kualitas tidur adalah kunci untuk menjaga fungsi tubuh yang sehat. Ketika orang tidur, mereka mengalami beberapa siklus rapid eye movement dan non-rapid eye movement. non-rapid eye movement dapat dibagi lagi menjadi tidur yang dalam dan ringan. Selama tahap tidur nyenyak, tubuh akan memperbaiki, membangun tulang, menumbuhkan otot dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya, orang dewasa yang sehat mendapat sekitar 15% – 25% dari tidur nyenyak setiap malam. Namun, angka ini bervariasi antar individu.

STRESS MONITORING Stres dapat dipantau. Jangan biarkan stres memengaruhi kesehatan Anda

Stress dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita, Semakin tegang situasinya, semakin kita perlu menstabilkan keadaan fisik dan mental kita. Ketika kita terjebak dalam situasi yang sangat menegangkan dalam jangka waktu yang lama dan bahwa kesehatan fisik dan mental kita dipengaruhi oleh upaya mengatasi stres, respons tubuh terhadap stres dapat merusak.

Fungsi Stress Monitoring mengukur tingkat stres dari 0 hingga 100: 0-25 menunjukkan tingkat stres yang rendah; 26-50 menyarankan tingkat stres sedang; 51-75 menunjukkan tingkat stres tinggi dan 76-100 menunjukkan tingkat stres sangat tinggi. Fungsi ini membantu Anda memantau tingkat stres harian Anda.