Mari Kita Wujudkan Pantai dan Laut yang Bersih dan Lestari

Posted on

andhikanurafian.web.id – Laut merupakan aset yang berharga bagi masyarakat pesisir, karena pesisir memiliki peranan penting salah satunya untuk ekowisata alam yang sangat menarik. cara yang sangat bagus untuk menjaga keelokan pantai cukup dengan tanam mangrove, karena tanaman mangrove ini mampu mencegah abrasi laut, juga memiliki manfaat lainnya seperti perkembangbiakan ikan dan biota laut lainnya, mencegah intrusi laut, dan benteng angin laut.

Tukang Foto

Berdasarkan sosialisasi Gerakan Pesisir Berseri di daerah Tunggul, Paciran, Lamongan yang saya ikuti. Bahwa Tanaman Mangrove memiliki manfaat secara ekonomis (ekogreen):

  1. Sebagai Bahan Bakar dan Arang/briket
  2. Sebagai Makanan Ternak
  3. Sebagai Pewarna Batik
  4. Untuk Bahan Tepung / Kue, dll. (Brogoera)
  5. Untuk Bahan minuman sirup mangrove (Soneratia)
  6. Bisa jadi Bahan Teh dan Kripik (Druju), dll.

Dalam melakukan tanam mangrove kita juga harus memperhatikan hambatan dan gangguan yang dapat merusak mangrove yang mungkin belum pernah kita ketahui bersama, seperti adanya kegiatan industrial, perumahan dan pengembangan tambak, sampah plastik, hama ketam, tirem, Ulat Serit, Ternak Liar, dll. Sehingga marilah kita menjaga kelestarian laut kita, karena bukan hanya masyarakat pesisir saja yang berhak menjaga laut, masyarakat sekitar juga harus peduli dengan alam kita. Mari Kita Selamatkan Laut Untuk Anak Cucu.

Jenis -Jenis Mangrove :

  1. Mangrove Sejati (Mangrove Pasang Surut) Contohnya : Rizopora, Avesenia, Brogoera dll
  2. Mangrove Asosiasi : Tanaman Mangrove yang hidupnya di daerah daratan pesisir. Misalnya Cemara Laut, Nyamplung, Ketapang, Waru Laut, dll.
  3. Mangrove Rawa-Rawa : tanaman rawa yang terdapat di pesisir pantai misal : druju, beluntas, ketower, dll.

2 thoughts on “Mari Kita Wujudkan Pantai dan Laut yang Bersih dan Lestari

    1. Laut ini memang harus di jaga, agar anak cucu generasi selanjutnya bisa mengerti apa saja keanekaragaman hayati yang ada di dalam laut kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *