Mengenal Desa Bulu dan Ikon Gapura Kapal

Posted on

Bulu? Mungkin anda pernah berkunjug atau mampir disini.. Masyarakat yang belum pernah mampir dolanan di Bulu akan bilang disana bau amis, eh jangan gitu dulu disini desa Bulu memiliki sejuta tempat unik, cerita sejarah, dan para pelaku bisnis muda-muda. Tentu saja jangan heran sejak usia dini masyarakat disini sudah memiliki jiwa wirausaha yang tinggi. Simak ulasan satu – satu sektor yang menjadi ciri khas desa bulu.

 

Pertama kita coba telusuri tempat unik yang ada di Bulu dan menjadi ciri khas pengunjung yang lewat dari tuban ke semarang. Coba kalian tebak? Sowan? Boom Bulu? Semua bukan itu tapi Ikon Gapura Kapal yang berdiri kokoh didepan UPT P2SKP Bulu (Pelabuhan Perikanan) dimana di gapura tersebut memiliki rangka kapal layar yang besar terbuat dari besi. Gerbang tersebut menjadi pintu utama aktivitas keluar masuk nelayan yang akan menuju tempat bersandar kapal-kapal yang dimiliki juragannya. Di pelabuhan ini juga terdapat aktivitas bongkar ikan ketika pagi jam 6 dan siang mulai jam 12. Dan selain itu anda bisa memancing ikan di boom.

Proses Penggalian Situs Candi Bulu (Foto : seputarmbulu.blogspot.com)

Selain tempat unik disini ada juga situs purbakala, yang disebut Candi yang sekarang menjadi salah satu nama dusun, yaitu Karang Candi. Cek ceritanya disini!

Selain itu juga sektor makanan khas rujak petis yang menjadi jajanan khas seantero masyarakat sekitar bulu. Ada yang bilang kurang afdhol jika belum mencicipi rujak petis khas bulu jika dolanan di desa bulu kompleks. Di jalan kampung banyak tetlihat deretan penjual rujak petis. Bagi anda yang ingin menikmati oleh-oleh khas bulu juga tersedia olahan produk hasil perikanan yaitu krispi Kerepek-Qu yang tempat pemasarannya ada di Gang depan BRI ke selatan sampai fotokopi damaran, belok kanan 200m lihat papan nama. Disitu menjajakan aneka krispi seperti krispi cumi, teri, dan ikan.

Produk Kerepek-Qu

Pengelola asli wong bulu dan tergolong muda,  teringat pebisnis muda yang merupakan owner rawe khas tuban. Rawe khas tuban ini bukan rawe yang bikin gatal-gatal tubuh, tapi ini julukan produk Bandeng Rawe yang pedasnya bukan main. Produk inovasi yang mampu memberikan olahan ikan yang enak dan mudah di konsumsi.

Bandeng Rawe (Foto: rawetuban.com)
Aktivitas Bongkar Ikan di Dermaga

Pokoknya selain berwisata di pantai bulu, jangan lupa menikmati kuliner, jajanan dan aneka oleh-oleh khas produk perikanan ya kawan.

 

 

  • Sumber Video : Youtube HUMAS P2SKP Bulu

4 thoughts on “Mengenal Desa Bulu dan Ikon Gapura Kapal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *