Berkerbun Tomat

Berkebun Ala Petani di Pekarangan Rumah

Diposting pada

Berkerbun ala petani dipekarangan rumah, hal itu bukan yang sulit bagi kita. Kemarin saya berupaya untuk menuangkan ide berkerbun ala organik dipekarangan rumah. Sembari untuk hiburan ide bertani memang sangat bagus, kejenuhan rutinitas menjadi hilang. Selama dua hari saya mbolang (Berpetualang, Red) keliling pedesaan yang terkenal dengan pertaniannya seperti Semanding dan prunggahan sembari untuk mencari bibit tanaman sayur mayur. Sambil melihat keindahan pertanian dan nasib petani masa kini. Untuk di hari kedua akhirnya saya menemukan lokasi pembibitan di kecamatan di tuban paling selatan dan terkenal subur tanahnya. 

Kenapa saya mencari bibit yang sudah tumbuh?

pasti alasannya malas atau lama menunggu, dan bisa kadang gagal. Proses Pendederan / Persemaian memang tidak mudah, dengan ini kita juga harus bersyukur dan berterima kasih dengan jasa petani. Dengan hasil pertanian beliau, kita bisa menikmati sayur mayur, beras, dan aneka kebutuhan pangan lainnya.

Dari hasil studi dilapangan dengan kondisi tanah berpasir saya lebih condong untuk mencari bibit yang tahan panas, dan tidak butuh air terlalu banyak atau tanami tanaman seperti dibawah ini :

Tanaman yang cocok pada tanah berpasir diantaranya adalah :

  1. Lada, Mayoritas kalau di daerahku tanah berpasir, tapi semuanya menanam lada. Dan yang terpenting adalah pemupukannya dan rawatannya bagus.
  2. Kacang Tanah, Proses penyerbukannya bagus kalau ditanah berpasir, diharapkan buahnya akan banyak.
  3. Singkong / Ketela / Telo, Hasilnya bagus bisa gedhe-gedhe malahan
  4. Kelapa
  5. Bawang Merah / Putih
  6. Semangka
  7. Melon juga bagus, Seperti kita ketahui bahwa tanah berpasir kurang baik dalam penyimpanan air, asal air bisa diusakan rutin tidak jadi masalah.
  8. Buah Naga, Untuk dataran rendah
  9. Wortel, Untuk dataran tinggi
  10. Jeruk
  11. Lombok / Cabe / Cabai
  12. Jagung
  13. Padi
  14. Tumbuhan Perdu

Jika pekarangan kalian tanah tidak berpasir bisa lebih bagus, sedangkan tanah berpasir ditanami tanaman umbi yang berbuah ditanah karena mudah untuk penetrasi akar sehingga pertumbuhannya bisa panjang dan besar optimal. dan yang terpenting asal pupuk dasar tercukupi tanah berpasir masih bisa ditanam.

Mau mencobanya? Silahkan dipraktekan tanah berpasir dicampur kompos. Campuran dimaksud juga untuk tahanan air, cobalah menanam cabe/tomat dengan mencampur tanah pasir dan kompos kemudian tanamlah bibit cabai/tomat. jikalau masih ragu coba sedikit saja yang penting keseimbangan kebutuhan air, mineral (pupuk) dan perawatan seimbang jangan kekurangan atau berlebihan.

4 thoughts on “Berkebun Ala Petani di Pekarangan Rumah

  1. Saya coba tanam lombok dengan polibek tapi hasilnya gak sebagus di sawah. Entah ini saya nya yg gak bisa merawat atau emang ada perbedaan antara di polibek dg tanah persawahan

  2. Menanam Cabe di media pot itu sangat mudah asalkan tehniknya benar, tidak asal -asalan. Kalo di Daerah Tuban sangat cocok sekali. Karena, tanahnya sangat subur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *